Melihat Sisi Keindahan Objek Wisata Waduk Malahayu

waduk malahayu
waduk malahayu

Objek Wisata Malahayu mungkin bukan hal yang asing di telinga masyarakat sekitar khsususnya Warga Brebes barat dan selatan. Waduk malahayu ini sebetulnya memiliki potensi luar biasa jika di kelola dengan benar. Waduk peninggalan Belanda ini berdiri kokoh sampai saat ini dan hanya di kelola dan dirawat alakadar nya atau sangat biasa-biasa saja. kita tidak mengerti apa yang membuat Pemerintah Daerah terkesan agak cuek. tapi ya sudahlah walaupun tidak di poles dan dipersolek namun tetap Waduk Malahayu ini memiliki potensi Keindahan Alam yang Tuhan berikan. terlebih jika anda berkunjung dimusim penghujan atau setelah musim penghujan. mengapa demikian, karena pada saat dan setelah musim penghujan air waduk naik dan pohon di bebukitan sekitar tumbuh DSC_0630hijau sehingga indah dipandang mata. akan terlihat sangat berbda jika anda berkunjung pada musim kemarau. bukit akan terlihat gundul dan air waduk menurun. sehingga are air waduk akan terlihat sangat keruh dan sedikit. yang terlihat hanya tanaman palawija penduduk yang memanfaatkan saat air waduk surut.

baiklah kita kembali ke eksotika waduk malahayu pasca musim penghujan. untuk berkunjung ke malahayu, jika anda dari pantura harus berbelok keselatan melalui Tanjung, brebes, melalui Kecamatan Kersana dan Banjarharjo terus keselatan, sampai menemukan gapura masuk waduk malahayu.

DSC_0617jalan masuk waduk malahayu hanya cukup 1 mobil namun kondisinya lumayan bagus. jika anda membawa kendaraan mobil bisa di parkir di area parkir dibawah namun nanti anda harus berjalan ke atas ke bendungan, tapi jika sepi mobil anda bisa dibawa ke atas mendekati bendungan. objek wisata waduk adalah wisata air tentunya menarik jika anda berkeliling dengan perahu mesin, atau perahu kelotok, cukup mengeluarkan uang Rp. 70.000 anda akan di ajak berkeliling melalui beberapa perbukitan. namun sayang terlihat di beberapa bukit belum di kelola dan para pengemudi perahu kelotok hanya mengemudikan saja tanpa memberikan penjelasan bukit bukit apa saja yang ada di sekeliling waduk.

berbekal kamera atau gopro anda akan memperoleh gambar yang eksotis dan menawan. terlebih jika anda berkeliling pada jam-jam sore, sehingga tidak terlalu terik. Hutan Jati dominasi di bukit-bukit sekitaran waduk, saat anda berkeliling juga akan menemukan banyak sekali masyarkaat yang memancing ikan. mereka biasanya menyebrang menggunakan sampan atau menyewa perahu mesin / kelotok.

itu sekelumit informasi wisata yang mungkin saat mudik lebaran nanti bisa dihabiskan bersama keluarga, Wisata murah, meriah, ramah dan alamiah. namun tetap memiliki unsur keindahan yang luar biasa.

hanya sekedar informasi awal bahwa jika anda berkunjung setelah lebaran kemungkinan besar jalan masuk menuju waduk akan cenderung ramai dan macet jadi harap bersabar.

LIHAT VIDEONYA